• Peneguhan SIDI 12 Desember 2010

    Peneguhan SIDI ? mungkin di kalangan umum, orang-orang tidak mengetahui mengenai hal tersebut. Tapi, coba tanya ke teman-teman yang beragama nasrani, pasti mereka tahu. (diragukan kalau dia nasrani gak tau tentang peneguhan sidi) LOL.

    Peneguhan SIDI adalah pengakuan percaya berkenaan dengan baptisan kudus anak yang telah diterima semasa kecilnya oleh seorang anggota baptisan.

    Persyaratan dan prosedur pelaksanaan selengkapnya diatur dalam Tata Laksana Tata Gereja GKI(Gereja Kristen Indonesia). Persyaratan dan prosedur tersebut ialah :

    • Pelayanan diberikan kepada seseorang yang pada waktu kecil sudah menerima baptis kudus anak. Kalau belum dibaptis belum bisa di SIDI
    • Usia minimal anak 15 tahun.
    • Mengisi formulir yang telah disediakan.
    • Mengikuti katekisasi sidi.
    • Telah mengikuti percakapan gerejawi yang diadakan oleh Majelis Jemaat GKI Cinere berkenaan dengan pemahaman dan penghayatan imannya.
    • Di berapa gereja dimungkinkan adanya sidi titipan, yaitu orang yang disidi dire gereja tersebut setelah mengikuti katekisasi di gereja lain dan/atau katekisasi di gereja namun namanya akan dicatatkan dalam anggota gereja lain yang seazas. Persyaratannya harus ada surat keterangan dari gereja asal dan mengisi formulir. Surat sidi dibuat oleh gereja asal, namun namanya tidak dicatat sebagai anggota sidi gereja tempat sidi
    Sebelum di SIDI harus menjalani katekisasi dulu. katekisasi itu kegiatan belajar lebih dalam untuk mengenal sang pencipta lebih dekat lagi serta untuk menguatkan iman untuk menuju proses SIDI.

    Tambahan, Sebelum SIDI ada proses retreat, umm, retreat itu merupakan suatu bentuk kegiatan khas dalam pembinaan spiritual Gereja. Tradisi ini bersumber pada kesaksian Firman Tuhan, dimana retreat merupakan satu kegiatan rutin yang Tuhan Yesus beserta murid-muridNya lakukan pada saat menjalani kegiatan pelayanan.

    Secara jelas, bentuk pelayanan yang dilakukan dalam bentuk retreat, dapat kita temukan pada kitab Markus.
    *susah jelasinnya :p*


    Perlu diketahui lagi, saat peneguhan SIDI itu, selalu bersamaan dengan perjamuan kudus. Kalau belum diSIDI belum bisa ikut perjamuan kudus, jadi ini merupakan perjamuan kudus pertama bagi para peserta SIDI. Dalam Perjamuan kudus ada meja panjang yang disediakan, untuk tempat melangsungkan perjamuan tersebut oleh jemaat-jemaat gereja. Di sini kita akan makan roti yang telah dipecah-pecah yang diibaratkan sebagai tubuh kristus dan minum anggur sebagai simbol darah kristus.

    Saat SIDI berlangsung, peserta SIDI wajib membacakan satu AYAT EMAS yang telah mereka pilih (bisa juga dipilihkan oleh gereja), ayat emas tersebut akan menjadi pola dasar/landasan pemikiran bagi peserta SIDI kedepan dalam menjalani rutinitas kehidupannya.

    Waktu aku diSIDI ayat emasnya dari Matius 6 : 33 - 34 "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan Kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari"

    Oh iya. hahaha
    diSIDI itu gak musti tanggal 12 Desember kok, itu cuma judul postingannya saja, soalnya saya diSIDInya pas tanggal 12 Desember 2010.




    mohon cantumkan sumber jika anda copy-paste postingan dari blog ini. hargai jerih payah orang lain :) 
  • GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Powered by Blogger.
    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13