Berpikir Kritis Sebuah Pengantar


BERPIKIR KRITIS
Sebuah Pengantar
Oleh : Alec Fisher


Buku setebal 247 halaman ini mencantumkan berbagai pendapat dari banyak sumber mengenai pengertian pemikirin kritis yang sesungguhnya serta bagaimana cara mengatasinya..
            Kita sering kali berhadapan dengan situasi-situasi di mana seseorang berusaha meyakinkan kita akan satu titik pandang dengan menyajikan kita alasan-alasan untuk menerimanya. Kita juga kadang merasa cukup mudah untuk melihat penalaran apa yang sedang disajikan, tetapi kadang pula tidak mudah.Untuk itu, kita harus memahami penalaran dahulu, seperti asumsi, konteks, dan cara berpikir. Untuk cara berpikir sendiri baiknya membuat peta berpikir untuk memahami dan mengevaluasi pemikiran
            Penalaran sangat perlu dalam pemikiran kritis. Dengan adanya penalaran tersebut, kita akan terbantu dalam menjelaskan suatu problema. Di akhir penalaran tersebut terdapat suatu kesimpulan. Hal ini tak kalah pentingnya dalam suatu argument pada pemikiran kritis. Pembuatan keputusan juga harus didasari oleh opsi, konsekuensi, nilai serta risiko dari rangkaian kesimpulan tersebut
            Di akhir bagian buku ini dilengkapi dengan lampiran pertanyaan beserta jawabannya. Hal ini sangat membantu tentang sejauh mana pemahaman tentang pemikiran kritis yang pembaca telah capai setelah membaca buku ini.
            Setelah saya membaca buku ini, saya mencoba membuat definisi sendiri mengenai berpikir kritis. Menurut saya, berpikir kritis adalah berpikir yang beralasan dan reflektif yang fokus untuk memutuskan apa yang dapat dipercaya dan apa yang tidak dapat dipercaya. Tidak hanya definisi dari yang disertakan tetapi lengkap dengan contoh-contohnya yang konkrit dalam kehidupan yang real.