• Filosofi Hidup Madonna


    Madonna Louise Ciccone atau yang akrab disapa Madonna, lahir di Bay City, Michigan pada tanggal 16 Agustus 1958. Penyanyi Amerika Serikat ini bisa dikatakan seorang legenda dalam belantika musik pop dunia. Madonna langsung menjadi sensasi setelah debutnya sebagai penyanyi pop solo pada 1983. Penjualan albumnya mencapai lebih dari 300 juta di seluruh dunia, dan dia dikenal sebagai world's topselling female recording artist of all time oleh Guinness World Records.
    (dikutip dari : http://sumber-profil.com/madonna)


      


      Pembahasan :


    a.      Seorang Dengan Segudang Ambisi

                Awal karier Madonna tidaklah instan sebagai seorang penyanyi terkenal, ia mengawali karirnya sebagai seorang penari terlebih dahulu di Michigan. Namun, demi meraih karir lebih lanjut, Madonna menetapkan untuk berhenti kuliah dan pindah ke New York. Sayangnya, impian Madonna tak langsung terwujud begitu saja. Karena tak memiliki uang, Madonna yang hanya berbekal segudang ambisi serta kebulatan tekad terpaksa mengawali karirnya sebagai pelayan di Dunkin Donuts, kerja paruh waktu sebagai seorang pelayan di restoran teh Rusia, tampil di Pusat Tari Amerika, berperan dalam film berbujet rendah sampai menjadi model telanjang kelas seni. Saat mengenang masa mudanya itu, Madonna mengungkapkan bahwa kepindahannya ke New York merupakan pengalaman paling berani yang pernah dia lakukan. Kala itu, Madonna yang belum pernah pergi menggunakan pesawat terbang akhirnya nekat ke New York hanya berbekal uang senilai 35 dollar.
    (dikutip dari : http://wikipedia.co.id/madonna)

    Tanggapan :

                Madonna adalah seorang yang penuh dengan kebulatan tekat. Terlihat dari usaha Madonna yang nekat ke New York dengan modal uang hanya senilai 35 dollar. Tampak bahwa Madonna berusaha dengan keras untuk mewujudkan impiannya walaupun hanya bermodalkan ambisi dan tekatnya namun usaha yang dilakukannya terbukti maksimal dengan debutnya sebagai “Ratu Pop Dunia”.


    b.      Penampilan Kontroversi Adalah Batu Loncatan Karir

    Kontroversional pertamanya ketika Madonna muncul di iklan Pepsi dan membawakan single “Like a Player”. Video musik lagu ini menampilkan banyak simbol agama Katolik seperti stigmata dan pembakaran salib. Akibatnya, Vatikan dan beberapa kelompok religius memboikot produk Pepsi dan melarang iklan tersebut beredar. Adapun Pepsi segera menarik iklan tersebut dan membatalkan kontrak sebagai sponsor Madonna.

    Tidak hanya sampai di situ, Madonna kemudian kembali menampilkan hal yang kontroversinal lagi pada April 1990 saat Madonna memulai tur dunianya bertajuk "Blond Ambition World Tour" yang menampilkan tema seksual dan agama. Madonna pun menuai kontroversi atas penampilannya pada lagu "Like a Virgin" yang menampilkan dua penari pria yang mencumbu dirinya sebelum ia memperagakan adegan masturbasi. Paus menghimbau kepada seluruh umat Katolik untuk tidak mengikuti konser Madonna dikarenakan lagu ini dianggap sebagai pelecehan kepada Bunda Maria. Asosiasi Katolik bernama Famiglia Domani juga memboikot tur tersebut karena menampilkan sensualitas. 

    Tidak puas, pada November 1990 Madonna kembali merilis album yang menuai kontoversi dalam lagunya yang berjudul "Justify My Love" karena menampilkan kekerasan seksual, ketelanjangan dan ciuman sesama jenis dalam hal ini ia berciuman dengan Britney Spears dan Christina Aguilera. Akibatnya, video ini dilarang tayang oleh MTV dan VH1.
    (dikutip dari : http://andyansyah.blogspot.com/kontroversi-lagu-madonna)

    Tanggapan :

    Tak hanya Madonna, menurut saya banyak selebritas yang sengaja membuat dirinya tampil kontoversional untuk menarik media massa meliput dirinya. Ini merupakan rahasia umum dikalangan selebritas karena dengan menarik perhatian publik, maka banyak orang akan mengetahui Madonna dan membicarakan tentangnya. Saya rasa dengan adegan 


    c.       Kabbalah Sebagai  Agama Alternatif

    Meskipun terlahir dalam keluarga yang taat Katolik, namun saat melahirkan anak pertamanya, Madonna mulai menganut kepercayaan Kabbalah, sebuah aliran mistis Yahudi. Ia diperkenalkan pada ajaran Kabalah pada tahun 1997 oleh aktris Sandra Bernhard. Kabbalah menjadi agama alternatif bagi sejumlah selebritis dunia. Selain Madonna, beberapa artis lain juga mengikuti ajaran ini seperti Demi Moore.

    Sejatinya, Kabbalah adalah kepercayaan Yahudi yang amat rahasia disampaikan pada anggota dari mulut ke mulut. Ajarannya berupa ilmu sihir dan ritual pemujaan setan yang telah dikembangkan sejak ribuan tahun. Secara harafiah Kabbalah ( Qabala ) bermakna tradisi lisan. Kata Kabbala diambil dari bahasa Ibrani: qibil yang bermakna menerima atau tradisi warisan. Dengan demikian ajaran Kabbalah mempunyai arti menerima doktrin ilmu sihir ( okultisme ) yang hanya diketahui oleh segelintir orang.

    Kaum Kabbalis menyebut iblis sebagai Lucifer ( cahaya , pencerahan ) . Hal tersebut berkaitan dengan kepercayaan mereka yaitu kekuasaan yang berasal dari cahaya, api dan matahari yang merupakan perlambang iblis. Kabbalah merepresentasikan bahwa manusia menjadi suci setara dengan Tuhan, dalam istilah modern dikenal dengan paham Humanisme.
    (dikutip dari : http://ammakazi.wordpress.com/2009/03/18/kabbalah%E2%80%A6akar-gerakan-freemasonry-illuminati/)

    Tanggapan :

                Mengenai kontroversi yang Madonna sering lakukan terutama dalam menyinggung agama Katolik, saya beranggapan bahwa ia berkelakuan sedemikian rupa karena penyembahannya terhadap aliran Kabbalah. Meskipun terlahir dari keluarga yang taat akan ajaran Katolik, namun Madonna memilih untuk menyimpang dari ajarannya sewaktu kecil. Faktor utama seseorang berpindah aliran menjadi kabbalis dikarenakan orang tersebut menginginkan kebebasan yang mutla, tidak adanya aturan serta larangan yang konstan.


    d.      Pernikahan dan Perceraian, Semudah Membalikkan Telapak Tangan

    Madonna menjalin cinta dengan aktor Sean Penn, lalu kemudian mereka menikah pada hari ulang tahun Madonna ke-27. Namun pada Januari 1989, Madonna resmi bercerai dengan suami pertamanya ini. Banyak yang tidak mengetahui bahwa faktanya Madonna menikah dengan Sean Penn dua kali dan bercerai dengan Sean Penn juga dua kali.

    Di awal November 1990, Madonna berpacaran dengan model dan aktor Tony Ward, lalu kemudian dengan rapper Vanilla Ice. Namun hubungan tersebut tidaklah sampai pada jenjang pernikahan. Setelah itu Madonna terlibat hubungan percintaan dengan pelatih fitness Carlos Leon dan pada tanggal 14 Oktober 1996, Madonna resmi menjadi seorang ibu, ia melahirkan putri pertamanya Lourdes Maria Ciccone Leon yang merupakan buah dari hubungannya dengan Carlos Leon. Namun pernikahan tersebut tidak bertahan lama dan harus berhenti pada sidang perceraian. Kesimpulan menyatakan bahwa hak asuh dari putri pertama Madonna jatuh pada Carlos Leon.

    Tak lama setelah itu, Madonna kembali menjalin hubungan percintaan. Kali ini dengan Guy Ritchie. Pasangan tersebut kemudian menikah di Skotlandia  dan pada tanggal 11 Agustus 2000, Madonna melahirkan seorang putra yang ia beri nama Rocco Ritchie. Setelah pernikahan tersebut Madonna menetap di Inggris dan menjadi wanita terkaya di negeri itu melebihi Ratu Elizabeth II. Namun pernikahan Madonna dan Guy harus berakhir dengan perceraian pada 21 November 2008. Hak asuh anak jatuh ditangan Madonna, namun Guy berjanji akan rutin mengunjungi anaknya.

    Selepas bercerai dengan Guy, Madonna tidak terlihat kesepian. Ia sudah memiliki gandengan baru, yakni model pakaian dalam asal Brazil, Jesus Luz yang lebih muda 30 tahun darinya. Madonna kembali mengadopsi seorang anak Malawi, Chifundo "Mercy" James setelah sebelumnya telah mengadopsi “David Banda Mwale Ciccone Ritchie” dari panti asuhan di Malawi.
     (dikutip dari : http://situsnomorsatu.com/selebritis/luar/madonna)

    Tanggapan : 

                Kehidupan asmara selebritas memang penuh dengan segelintir kasus perceraian. Tak ayal, banyak selebritas merasakan bahwa menikah dan bercerai sama mudahnya dengan membalikkan telapak tangan. Kehidupan Hal ini memang tidak bisa lepas dari kehidupan para selebritis. Namun untuk Madonna sendiri, saya menganalisis bahwa kegagalan jalian rumah tangganya dikarenakan pengalaman masa kecilnya. Ibunya meninggal dunia akibat kanker payudara saat Madonna berusia 5 tahun. Ayahnya kemudian menikah lagi dengan pengurus rumah-tangga keluarganya, Joan Gustafson. Hal inilah yang menjadi tolok ukur Madonna dalam berkehidupan dalam rumah tangga sehingga tidak adanya keharmonisan yang ia dapatkan.


    e.       Warisan dan Pengaruh Madonna
    Sepanjang tiga dekade perjalanan kariernya, Madonna telah sering mengubah citra dirinya, baik penampilan maupun musiknya sehingga kemudian menjadi pusat perhatian media. Kemampuannya dalam mengikuti tren terbaru dan mengadaptasikan gayanya telah sering disebut-sebut sebagai pemelihara daya tariknya. Selain itu cara Madonna dalam menggunakan unsur seks telah berdampak besar pada kariernya dan memiliki pengaruh yang kuat pada perbincangan publik mengenai seksualitas dan feminisme. Madonna telah memulai sebuah revolusi besar bagi wanita dalam dunia musik. Sebelum Madonna, perempuan lebih mempopulerkan suaranya untuk menjadi seorang superstar. Tapi di dunia setelah kemunculan Madonna, bahkan penyanyi yang sangat orisinil seperti Janet Jackson sekarang merasa terpaksa untuk mengekspos tubuhnya di televisi nasional untuk menjual album-albumnya.

    Madonna juga telah menerima pengakuan sebagai percontohan bagi para wanita bisnis di seluruh dunia. Madonna memiliki semacam kontrol finansial yang telah lama dicari oleh para wanita dalam industri. Ia menghasilkan lebih dari 1,2 miliar dollar hanya dalam rentang satu dekade kariernya bahkan Guinness Book of World Records menobatkan Madonna sebagai penyanyi wanita dengan penghasilan tertinggi di dunia.
     (dikutip dari : http://wikipedia.co.id/madonna)

    Tanggapan : 

    Pengaruh Madonna pada musik pop tidak terbantahkan dan menjangkau luas. Ikon baru musik pop mulai dari Nelly Furtado dan Shakira hingga Gwen Stefani dan Christina Aguilera serta Britney Spears berhutang budi pada Madonna atas konsep yang ia cetuskan, seperti menggabungkan keseksian yang provokatif serta kekuatan perempuan ke dalam citra, musik, dan lirik-lirik lagunya. Penyanyi-penyanyi perempuan seperti Britney Spears, Spice Girls, Destiny's Child, Jennifer Lopez, Kylie Minogue dan Pink seumpama putri-putri Madonna dalam pengertian bahwa mereka semua tumbuh besar dengan mendengarkan dan mengagumi Madonna, lalu kemudian memutuskan untuk meniru gayanya. Di Indonesia, terdapat penyanyi Agnes Monica yang mengakui Madonna sebagai inspirasinya.

    2.      Kesimpulan :

    Dari pembahasan tersebut, saya akan coba menerka tata pandang dunia yang dimiliki oleh Madonna.

    Madonna adalah seorang yang penuh dengan ambisi. Ia seorang yang tidak mudah berputus asa dan berpengharapan tinggi. Ambisinya tersebut dibuktikannya dengan nekat ke New York dengan minimnya perbekalan hanya untuk mewujudnyatakan impiannya. Setelah ia mulai disinggung dalam media massa, ia ingin menanjakkan karirnya dengan membuat berbagai kontroversi dalam video musiknya. Alhasil seperti yang direncanakannya, karirnya tiba-tiba menjadi sangat melesit. Dari segi kehidupan pribadinya, Madonna merasa tidak bebas dengan kehidupannya yang beragama, sehingga ia memutuskan untuk meninggalkan Katolik dan beralih mengikuti aliran Kabbalah. Dari segi jalinan rumah tangga, Ia juga banyak menuai kegagalan. Ini dibuktikan dengan banyaknya pernikahan dan perceraian yang telah dialaminya. Hal ini dimungkinkan karena Ayahnya yang menikah dengan pembantunya sesaat setelah Ibunya meninggal di saat ia masih berumur 5 tahun. Secara tidak langsung hal ini mempengaruhi psikis dan perkembangan pemahamannya mengenai kehidupan berumah tangga.

    Madonna, selaku “Ratu Pop Dunia” tentu banyak mempengaruhi perkembangan dalam belantika musik pop. Contoh praktisnya saja sebelum Madonna, perempuan lebih mempopulerkan suaranya untuk menjadi seorang superstar. Tapi di dunia setelah kemunculan Madonna, penyanyi wanita cenderung menggenakkan busana yang terbuka untuk menarik perhatian dalam video klipnya. Bahkan Madonna pun turut serta mempengaruhi Indonesia, terbukti penyanyi wanita sukses Indonesia, Agnes Monica secara terang-terangan mengatakan tampilannya saat ini adalah hasil dari inspirasinya pada diva sukses sepanjang sejarah yakni Madonna.
  • GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Powered by Blogger.
    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13