Misunderstanding of Words, Indonesia VS Malaysia

SHOPPING and MISUNDERSTANDING
Roles               :
-          Narator dan Pembawa Keterangan (NPK)      : Emily Louis Guntur
-          Pelayan Toko               (PT)      : Fransisca Annete Felicia juwon
-          Customer Malay         (CM)    : Beatrice Kerenhapukh
-          Customer Indo            (CI)      : Hanna Meylitasari
-          Customer Indo 2         (CI2)    : Erga Kandly Panginan
Tools                           :
-          Kantong-kantong belanja
-          Kacamata hitam
-          Baju-baju
-          Sepatu-sepatu
-          Kalkulator
-          Jilbab
-          Kertas keterangan + spidol hitam
-          Dompet dan uang
Costumes        :
-          Hanna              : Kostum modis, pakai kacamata hitam, tas jinjing
-          Beatrice          : Jilbab, rok panjang
-          Annete             : Rok span hitam, kemeja putih
-          Erga                 : Kostum biasa, bawa tas biar kerepotan
Keterangan    :
-          mentraktir                               = berbelanja
-          comel                                      = senang
-          butuh                                      = “anu” nya cowok
-          berbual                                   = ngomong / berbicara
-          tandas                                     = toilet
-          pusing kiri                               = belok kiri
-          pusing kanan                           = belok kanan
-          tak sihat                                  = rusak
-          kesulitan amat dikesali             =  mohon maaf atas ketidaknyamanan anda
-          berpusing-pusing                     = berputar-putar
-          kasut                                      = sepatu
-          percuma                                 = gratis
-          jahat                                        = nakal
-          cari                                          = ukur
-          jimat                                        = cermat
-          jaga tepi kain orang                  = ikut campur
-          narkoba                                   = dadah
Script  :
NPK     : 2 sahabat baik, yang satu berasal dari Malaysia, yang satu berasal dari Indonesia sedang berbelanja ke toko. Ternyataaa…. Diantara mereka banyak terjadi kelucuan dengan misunderstandingnya ! Mau lihat ? Yukkkk…
CM      : (diluar toko, membawa banyak kantong belanjaan sambil mengoceh dengan CI) Saye senang jumpa lagi dengan anda…. Sangat senang !
 CI        : (tersenyum, menepuk pundak CM) Saya juga senang kok bisa bertemu kamu… Sudah lama kita tidak ketemu kan ?
CM      : Eh, kalau begitu, kita ke Cito sekarang ! Saye mau mentraktir nih !
CI         : Eh ? Serius kamu ? Asyiiikkk….
CM      : Iya, ayo cepat… cepat…
(masuk dalam toko)
PT        : (membungkukkan badan dengan tangan ditangkupkan dan didekatkan di dada) Selamet siang dan datang, nona comel. 
CI         : Comel ? (berbisik pada CM) Dia suka pikir kita suka ngomel gitu ?
CM      : (Memandang CI kebingungan) Ape maksud anda ? Harusnye seronok dibilang comel benar…
CI         : (Makin ga ngerti) Hah ? Gimana toh ? Gatau lah… (berbicara pada PT) Mbak, teman saya ini butuh berbelanja…
PT        : (terkejut) Ape ? Butuh ?
CM      : (sama terkejutnya) Jangan berbual gitu…
CI         : Lho ? Aku nggak bohong kok… Kan kamu emang mau belanja…
CI2       : (masuk dalam toko) Mbaak…. Maaf, saya kebelet sekali nih… Kamar kecilnya dimana yaaa ? Boleh numpang ?
PT        : (geleng-geleng kepala bingung) Kamar kecil ?
CI         : (berusaha menjelaskan) Kamar mandi mbak maksudnyaa… Itu lho… Toilet ! Nahhh itu…
CM      : (membantu) Saye tau… Tandas, tandas…
PT        : (mengerti) Ohhh… Tandas… Pusing kiri, terus pusing kanan…
CI2       : Hah ? Pusing ? Saya nggak pusing mbakkk… Saya kebelet ini lhoo… Mbak nggak liat posisi saya ? Haduh, ya sudahlah, saya cari sendiri aja toiletnya…. (kabur ke toilet)
PT        : Pakkk… Tandas sedikit tak sihat… Harap maaf, kesulitan amat dikesali…. (berseru pada CI2, beralih pada CI dan CM) Silakan berpusing-pusing…
CI         : Pusing ? Tak sihat ? (makin bingung, ditarik oleh CM keliling toko, sementara itu, CI2 kembali dari toilet dengan wajah lega)
PT        : (menawarkan sandal pada CI2) Kasut ? Beli satu, percuma satu…
CI2       : (memandang PT dengan tatapan gimana-sih-loe) Yaelah mbakkk…. Kalo percuma, buat apa saya belii..
PT        : Lho… Memang percuma mbak. Seronok, kan ? Ah pasti tampak elok sangat di kaki nona. Berape ukuran kaki nona? Biar saya cari dengan jimat
CI         : Jimat?? Kamu mau ngapa-apain teman saya ya?? Jangan-jangan toko ini pake sihir lagi!
PT        : *bingung* … ehh
CI2       : Toko ini tutup kapan?
PT        : Apee? Siape yang telah berpulang? Tuan jangan sembarang kutuk orang!
CI2       : Kok marah? Tinggal dijawab aja pertanyaan saya. Gampang kan mbak?
PT        : Gampang?? Tak lama Tuan bilang saye berpulang sekarang tuan bilang saye gampang. Maksudya apee?
CI         : Mbak ini jahat banget, maksud dia kan bukan apa-apa…
PT        : Ahh… Tak tau saye. Saye berbual dengan anda saje (menoleh pada CM, menawarkan kasut)
CM      : Kasut ? Beli satu percuma satu ? Saya ingin… (mengambil kasut, menunjukkannya pada CI) Comel pula ini..
CI         : Hehe… Iya imut… Beli aja… Tapi kok kata mbaknya percuma ?
CI2       : (menyetujui kata-kata CI) Iya… Yang mana nya yang percuma, mbak ?
PT        : Lho… Ini beli satu, percuma satu… (dengan tidak sabar menunjuk ke baju-baju) Ini juge… (menunjuk ke kasut) Seronok, pak, nona…
CI2       : Ih mbak, kok semua dibilang percuma sih…. Mana laku kalo gitu nawarinnya….
CM      : You cakap ape ? Saye bingung…
CI2       : Yeee… Pusing semua dah. Udah gua keluar, capek bingung terus. (keluar dengan kesal)
PT        : (memandang kebingungan) Saye tak salah kan ?
CI         : Nggak kok mbak… Mungkin dia bingung aja, mana dia Cuma numpang pipis di… apa tadi namanya ? Tandas ?
CM      : Salahnye… Die yang jaga tepi kain orang….
CI         : Lho ???? (garuk-garuk kepala saking pusingnya, lalu berkata pada CM) Ayoo.. Katanya mau mentraktir…
CM      : Oh iye…  Mbak, saye ambil ini… (menunjuk ke salah satu baju, lalu membayar)
CI         : Horeeee… Aku suka yang itu. (tersenyum lebar, lalu bingung karena CM tidak memberikan kantong belanjaan itu pada CI) Lho ? Katanya buat aku ?
CM      : ?? Saye hanya berbual mau mentraktir…
CI         : Lho…. Iya… Haduh gimana tohhh ? Ya sudahlah…. Bye mbak, makasih ya…. (melambai pada PT, keluar ruangan bersama CM)
PT        : Narkoba, nona comel… Narkoba….
CI         : ?????
NPK     : Kesalahpahaman dalam berbahasa, tidak boleh menjadi penghalang. One for all, all for one ! We are one UPH ! Narkobaaa… (artinya : dadah….)