• Misunderstanding of Words, Indonesia VS Malaysia

    SHOPPING and MISUNDERSTANDING
    Roles               :
    -          Narator dan Pembawa Keterangan (NPK)      : Emily Louis Guntur
    -          Pelayan Toko               (PT)      : Fransisca Annete Felicia juwon
    -          Customer Malay         (CM)    : Beatrice Kerenhapukh
    -          Customer Indo            (CI)      : Hanna Meylitasari
    -          Customer Indo 2         (CI2)    : Erga Kandly Panginan
    Tools                           :
    -          Kantong-kantong belanja
    -          Kacamata hitam
    -          Baju-baju
    -          Sepatu-sepatu
    -          Kalkulator
    -          Jilbab
    -          Kertas keterangan + spidol hitam
    -          Dompet dan uang
    Costumes        :
    -          Hanna              : Kostum modis, pakai kacamata hitam, tas jinjing
    -          Beatrice          : Jilbab, rok panjang
    -          Annete             : Rok span hitam, kemeja putih
    -          Erga                 : Kostum biasa, bawa tas biar kerepotan
    Keterangan    :
    -          mentraktir                               = berbelanja
    -          comel                                      = senang
    -          butuh                                      = “anu” nya cowok
    -          berbual                                   = ngomong / berbicara
    -          tandas                                     = toilet
    -          pusing kiri                               = belok kiri
    -          pusing kanan                           = belok kanan
    -          tak sihat                                  = rusak
    -          kesulitan amat dikesali             =  mohon maaf atas ketidaknyamanan anda
    -          berpusing-pusing                     = berputar-putar
    -          kasut                                      = sepatu
    -          percuma                                 = gratis
    -          jahat                                        = nakal
    -          cari                                          = ukur
    -          jimat                                        = cermat
    -          jaga tepi kain orang                  = ikut campur
    -          narkoba                                   = dadah
    Script  :
    NPK     : 2 sahabat baik, yang satu berasal dari Malaysia, yang satu berasal dari Indonesia sedang berbelanja ke toko. Ternyataaa…. Diantara mereka banyak terjadi kelucuan dengan misunderstandingnya ! Mau lihat ? Yukkkk…
    CM      : (diluar toko, membawa banyak kantong belanjaan sambil mengoceh dengan CI) Saye senang jumpa lagi dengan anda…. Sangat senang !
     CI        : (tersenyum, menepuk pundak CM) Saya juga senang kok bisa bertemu kamu… Sudah lama kita tidak ketemu kan ?
    CM      : Eh, kalau begitu, kita ke Cito sekarang ! Saye mau mentraktir nih !
    CI         : Eh ? Serius kamu ? Asyiiikkk….
    CM      : Iya, ayo cepat… cepat…
    (masuk dalam toko)
    PT        : (membungkukkan badan dengan tangan ditangkupkan dan didekatkan di dada) Selamet siang dan datang, nona comel. 
    CI         : Comel ? (berbisik pada CM) Dia suka pikir kita suka ngomel gitu ?
    CM      : (Memandang CI kebingungan) Ape maksud anda ? Harusnye seronok dibilang comel benar…
    CI         : (Makin ga ngerti) Hah ? Gimana toh ? Gatau lah… (berbicara pada PT) Mbak, teman saya ini butuh berbelanja…
    PT        : (terkejut) Ape ? Butuh ?
    CM      : (sama terkejutnya) Jangan berbual gitu…
    CI         : Lho ? Aku nggak bohong kok… Kan kamu emang mau belanja…
    CI2       : (masuk dalam toko) Mbaak…. Maaf, saya kebelet sekali nih… Kamar kecilnya dimana yaaa ? Boleh numpang ?
    PT        : (geleng-geleng kepala bingung) Kamar kecil ?
    CI         : (berusaha menjelaskan) Kamar mandi mbak maksudnyaa… Itu lho… Toilet ! Nahhh itu…
    CM      : (membantu) Saye tau… Tandas, tandas…
    PT        : (mengerti) Ohhh… Tandas… Pusing kiri, terus pusing kanan…
    CI2       : Hah ? Pusing ? Saya nggak pusing mbakkk… Saya kebelet ini lhoo… Mbak nggak liat posisi saya ? Haduh, ya sudahlah, saya cari sendiri aja toiletnya…. (kabur ke toilet)
    PT        : Pakkk… Tandas sedikit tak sihat… Harap maaf, kesulitan amat dikesali…. (berseru pada CI2, beralih pada CI dan CM) Silakan berpusing-pusing…
    CI         : Pusing ? Tak sihat ? (makin bingung, ditarik oleh CM keliling toko, sementara itu, CI2 kembali dari toilet dengan wajah lega)
    PT        : (menawarkan sandal pada CI2) Kasut ? Beli satu, percuma satu…
    CI2       : (memandang PT dengan tatapan gimana-sih-loe) Yaelah mbakkk…. Kalo percuma, buat apa saya belii..
    PT        : Lho… Memang percuma mbak. Seronok, kan ? Ah pasti tampak elok sangat di kaki nona. Berape ukuran kaki nona? Biar saya cari dengan jimat
    CI         : Jimat?? Kamu mau ngapa-apain teman saya ya?? Jangan-jangan toko ini pake sihir lagi!
    PT        : *bingung* … ehh
    CI2       : Toko ini tutup kapan?
    PT        : Apee? Siape yang telah berpulang? Tuan jangan sembarang kutuk orang!
    CI2       : Kok marah? Tinggal dijawab aja pertanyaan saya. Gampang kan mbak?
    PT        : Gampang?? Tak lama Tuan bilang saye berpulang sekarang tuan bilang saye gampang. Maksudya apee?
    CI         : Mbak ini jahat banget, maksud dia kan bukan apa-apa…
    PT        : Ahh… Tak tau saye. Saye berbual dengan anda saje (menoleh pada CM, menawarkan kasut)
    CM      : Kasut ? Beli satu percuma satu ? Saya ingin… (mengambil kasut, menunjukkannya pada CI) Comel pula ini..
    CI         : Hehe… Iya imut… Beli aja… Tapi kok kata mbaknya percuma ?
    CI2       : (menyetujui kata-kata CI) Iya… Yang mana nya yang percuma, mbak ?
    PT        : Lho… Ini beli satu, percuma satu… (dengan tidak sabar menunjuk ke baju-baju) Ini juge… (menunjuk ke kasut) Seronok, pak, nona…
    CI2       : Ih mbak, kok semua dibilang percuma sih…. Mana laku kalo gitu nawarinnya….
    CM      : You cakap ape ? Saye bingung…
    CI2       : Yeee… Pusing semua dah. Udah gua keluar, capek bingung terus. (keluar dengan kesal)
    PT        : (memandang kebingungan) Saye tak salah kan ?
    CI         : Nggak kok mbak… Mungkin dia bingung aja, mana dia Cuma numpang pipis di… apa tadi namanya ? Tandas ?
    CM      : Salahnye… Die yang jaga tepi kain orang….
    CI         : Lho ???? (garuk-garuk kepala saking pusingnya, lalu berkata pada CM) Ayoo.. Katanya mau mentraktir…
    CM      : Oh iye…  Mbak, saye ambil ini… (menunjuk ke salah satu baju, lalu membayar)
    CI         : Horeeee… Aku suka yang itu. (tersenyum lebar, lalu bingung karena CM tidak memberikan kantong belanjaan itu pada CI) Lho ? Katanya buat aku ?
    CM      : ?? Saye hanya berbual mau mentraktir…
    CI         : Lho…. Iya… Haduh gimana tohhh ? Ya sudahlah…. Bye mbak, makasih ya…. (melambai pada PT, keluar ruangan bersama CM)
    PT        : Narkoba, nona comel… Narkoba….
    CI         : ?????
    NPK     : Kesalahpahaman dalam berbahasa, tidak boleh menjadi penghalang. One for all, all for one ! We are one UPH ! Narkobaaa… (artinya : dadah….)