• Perbedaan Pendidikan Jawa dan Sulawesi




                    Apa pendidikan terakhirmu ? Seberapa pentingkah pendidikan di kehidupanmu ? Menurut saya, Pendidikan adalah hal terpenting yang perlu dimiliki oleh setiap orang  sebagai tolok ukur kemampuannya di dalam bidang tertentu. Pendidikan sangatlah penting karena  dengan pendidikan manusia dapat memperoleh ilmu, dan mengasah otaknya untuk berfikir, berkreasi, menunculkan ide baru, dan memecahkan masalah. Dengan adanya pendidikan, maka seseorang yang semula tidak tahu menjadi tahu dan yang semula tidak ahli menjadi ahli. Tidak hanya pengetahuan dan keahlian saja yang ditawarkan oleh pendidikan melainkan juga memberi pencerahan mengenai moral, agama serta dalam pembentukan karakter. Di Indonesia, memperoleh pendidikan adalah hak semua warga negara, namun ada beberapa perbedaan dan persamaan mengenai pendidikan di pulau jawa dan pendidikan di luar pulau jawa (dalam hal ini pulau Sulawesi). Beberapa perbedaan tersebut menyangkut mengenai biaya pendidikan serta kualitas dan kuantitas suatu pendidikan. Walaupun berbeda, ada satu persamaan yang dimiliki oleh keduanya yakni tujuan dari mendapatkan pendidikan itu sendiri.
                    Perbedaan pertama antara pendidikan di pulau Jawa dengan pendidikan di pulau Sulawesi adalah biaya pendidikan. Biaya pendidikan adalah faktor penunjang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Seseorang dapat menyekolahkan anaknya ke luar negeri karena didukung oleh kemampuan biaya dari orang tua menyekolahkan anaknya tersebut. Lalu, bagaimana dengan orang tua yang tidak mampu? apakah orang miskin dilarang bersekolah ? Untung saja di Indonesia semua anak wajib untuk bersekolah dan memperoleh pendidikan selama 9 tahun sebab biaya pendidikan mereka akan ditanggung oleh pemerintah yang disebut BOS “Bantuan Operasional Sekolah”. Nah, di sinilah letak perbedaannya, jika kita melihat secara cermat mengenai BOS di pulau Jawa dan BOS di pulau Sulawesi, kita akan menemukan sebuah perbedaan penting. Perbedaan tersebut ialah besar biaya BOS yang diberikan di pulau Jawa dan di pulau Sulawesi tidaklah sama besarnya, banyak sekolah-sekolah di Jawa yang memberikan pendidikan gratis tanpa bayar sepeser pun kepada pihak sekolah namun banyak pula sekolah-sekolah di Sulawesi yang mendapat biaya BOS ini tapi masih tetap membayar biaya sekolah.
                    Bukan hanya mengenai biaya pendidikan saja yang berbeda, tetapi kualitas dan kuantitas pendidikan di pulau Jawa dan pulau Sulawesi juga sangatlah berbeda. Pertama mengenai kuantitas, lihat saja bahwa sekolah-sekolah di Jawa jauh lebih banyak dari pada sekolah-sekolah yang bertempat di pulau Sulawesi. Dengan banyaknya sekolah-sekolah di Jawa maka para pelajar di Jawa banyak pilihan untuk memilih sekolah yang ingin ditempati selanjutnya. Berbeda dengan sekolah-sekolah di Sulawesi yang tidak memiliki begitu banyak jenis sekolah, bahkan ada beberapa sekolah yang memperbolehkan 40-50 siswa dalam satu kelas sedangkan idealnya di Jawa hanyalah berkisar 20-30 siswa per kelas. Selanjutnya mengenai kualitas pendidikan yang berbeda, kualitas yang saya maksudkan disini ialah kualitas pendidikan yang lebih berbobot serta kualitas seperti sarana dan prasarana dari sekolah. Faktanya bahwa sekolah-sekolah di Jawa jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan pulau lainnya, sehingga hal ini pula yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk bagi pelajar di pulau Jawa agar mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih bermutu. Dari kedua perbedaan inilah yang sanga memprihatinkan karena pemerintah seakan-akan memberikan perhatian yang lebih kepada pulau Jawa dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya .
                    Namun dari beberapa perbedaan tersebut, tetap masih ada faktor persamaan antar pendidikan pulau Jawa dan luar pulau Jawa salah satunya adalah metode basis pengajaran yang diberikan yakni berbasis KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Selain persamaan tersebut, persamaan lainnya yang pasti selalu sama dalam setiap sekolah ialah mengenai tujuan diperolehnya suatu pendidikan. Tujuan pendidikan ialah untuk mendapatkan gelar/cita-cita atau profesi yang sangat diinginkannya dan ingin menjadi seperti apa yang ia angan-angankan dahulu (inilah yang dimaksud dengan cita-cita). Melalui sarana pendidikan, siswa  diharapkan dapat mengejar target karirnya kedepan sesuai dengan cita-citanya. Hal inilah yang seharusnya perlu diperhatikan oleh Bangsa dan Negara untuk mengembangkan potensi siswa dalam berkarir untuk kemajuan Indonesia kedepannya.
                    Jadi, beberapa perbedaan antara pendidikan pulau Jawa dengan pendidikan pulau Sulawesi ialah mengenai biaya pendidikan serta kualitas dan kuantitas suatu instasi. Walaupun demikian, antara sekolah-sekolah yang bertempat pada pulau Jawa dan luar pulau Jawa memiliki satu tujuan dan arah yang sama untuk dicapai yakni untuk  mendapatkan gelar/cita-cita atau profesi sesuai dengan keinginan siswa didik. Namun bagi saya pribadi, di manapun letak sekolah serta apapun bentuk dari kualitas dan kuantitas suatu sekolah, jika memang ada benih yang unggul dalam sekolah tersebut, maka tidak menutup kemungkinan bahwa benih unggul tersebut jauh lebih unggul diantara benih-benih unggul di daerah yang memang telah unggul. Ingatlah bahwa tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapatkan mutiara dibalik rimbunan ilalang.
  • GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Powered by Blogger.
    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13